Mengasah Kreativitas dan Nilai Pancasila


SMP Terpadu Darul Dakwah terus berinovasi dalam menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka. Salah satu agenda unggulannya adalah pengintegrasian tema “Suara Demokrasi” dan “Gaya Hidup Berkelanjutan” dalam aktivitas kokurikuler yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif.

Suara Demokrasi: Membangun Pemahaman Demokrasi Sejak Dini

Tema “Suara Demokrasi” dalam P5 bertujuan untuk memperkenalkan siswa kelas 8 pada nilai-nilai demokrasi. Proyek ini dirancang agar siswa dapat merefleksikan prinsip-prinsip demokrasi, baik dalam lingkup sekolah, masyarakat, maupun dunia kerja.

Melalui pendekatan seni budaya, siswa diajak mengekspresikan pemahaman mereka tentang demokrasi. Salah satu kegiatan menarik adalah pengecatan pot bunga dan area terbuka yang memungkinkan kreasi menggambar. Melalui kegiatan ini, siswa belajar bekerja sama, berbagi ide, serta mengambil keputusan secara kolektif. Proses diskusi dalam menentukan desain dan pembagian tugas mencerminkan esensi demokrasi yang dihidupkan dalam praktik nyata.

Hasil dari kegiatan ini bukan hanya dekorasi estetik di lingkungan sekolah, tetapi juga penguatan karakter siswa dalam aspek gotong royong, tanggung jawab, dan toleransi.


Gaya Hidup Berkelanjutan: Mengasah Kesadaran Lingkungan

Di sisi lain, tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” menjadi langkah nyata SMP Terpadu Darul Dakwah dalam mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan. Melalui kegiatan pengecatan pot bunga, siswa juga diajak untuk memahami konsep daur ulang dan memanfaatkan barang bekas sebagai media seni. Pot-pot bunga yang dihias menjadi simbol upaya kecil namun berarti dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Kegiatan ini sejalan dengan prinsip keberlanjutan, yaitu mengajarkan siswa untuk berpikir kritis tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar tentang seni, tetapi juga pentingnya menjaga bumi untuk generasi mendatang.

Mengintegrasikan Nilai Pancasila dalam Pendidikan

Kedua tema ini menjadi sarana SMP Terpadu Darul Dakwah untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila, seperti:

  1. Berkebinekaan Global: Siswa belajar menghargai perbedaan ide dan perspektif dalam demokrasi.
  2. Gotong Royong: Melalui kegiatan bersama, siswa diajarkan pentingnya kolaborasi.
  3. Mandiri: Setiap siswa memiliki peran dalam proses kreatif yang mendorong tanggung jawab individu.
  4. Bernalar Kritis: Melalui tema keberlanjutan, siswa belajar berpikir tentang solusi atas isu lingkungan.

Kesimpulan

Melalui P5 bertema “Suara Demokrasi” dan “Gaya Hidup Berkelanjutan”, SMP Terpadu Darul Dakwah tidak hanya melatih siswa untuk memahami konsep, tetapi juga menghidupkan nilai-nilai demokrasi dan keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan kreatif seperti pengecatan pot bunga menjadi bukti nyata bahwa pembelajaran dapat dilakukan secara menyenangkan dan bermakna.

Sebagai generasi penerus bangsa, siswa-siswi SMP Terpadu Darul Dakwah diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang membawa semangat demokrasi dan peduli terhadap keberlanjutan lingkungan. ***

Tinggalkan Pesan...